MrHomeStay > Penginapan di Jogja > Homestay di Jogja

Homestay di Jogja: Top #9 pilihan 7 rumah dan 2 kamar murah!

Harus menginap dimana ketika berlibur ke Jogja? Bagaimana dengan homestay atau guest house di Jogja? Jika jawabannya selalu kamar hotel, atau bahkan yang penting penginapan murah di Jogja, mungkin sudah saatnya untuk mencoba dan mempertimbangkan penginapan homestay. Jenis tempat singgah atau homestay ini dapat menenangkan pikiran Anda ketika ingin jalan-jalan ke Jogja secara grup, rombongan, maupun keluarga. Karena muat untuk beramai-ramai. Tentunya Anda harus memilih homestay dengan tipe sewa seluruh rumah di Jogja dengan pilihan durasi harian, mingguan atau bahkan bulanan.

Bagaimana jika hanya pesan kamar saja, tidak seluruh rumah? Untungnya, homestay-homestay yang ada di Jogja ini memiliki banyak opsi, tidak hanya tipe seluruh rumah, tapi ada juga tipe kamar pribadi selayaknya menginap di hotel yang berkualitas. Sebelum melihat semua kumpulan homestay di wilayah Yogyakarta dan memilih homestay mana yang Anda inginkan dan butuhkan, perlu diketahui terkadang banyak juga yang mencari dan menyebut istilah homestay di Jogja ini sebagai villa di Jogja.

7 Homestay Rumah di Jogja: Dari 2 s.d 7 kamar tidur

Karena homestay rumah liburan di Jogja umumnya di rancang untuk menyajikan wisatawan dengan kenyamanan yang berbeda dengan jenis penginapan lain, maka harga dan jumlah kamar pun bervariasi. Semua tergantung dari pilihan para tamu. Lihat dan pilih berdasar jumlah kamar yang Anda butuhkan.

1. Griya Bisma Homestay

Griya Bisma Homestay memiliki keunggulan berbeda dibandingkan homestay di Jogja lainnya karena tuan rumah dari homestay rumah 3 kamar tidur ini memiliki hewan peliharaan kucing-kucing yang menggemaskan dengan ruangan terpisah. Tidak hanya kucing disekitar rumah, namun ada pula suara merdu burung-burung berkicau yang akan menemani suasana bersantai Anda. Penginapan ini akan cocok untuk tamu hingga 7 orang.

Sekarang, mungkin Anda berpikir bagaimana jika keluarga kami lebih dari 7 orang? Tuan rumah mengizinkan tamu melebihi kapasitas, dengan total jumlah tamu maksimal sampai 15 orang, namun pastinya akan ada biaya tambahan.

Tamu masih lebih banyak? atau ingin privasi terpisah antara keluarga besan dan orang tua? Jangan khawatir. Jika bersama rombongan besar, solusinya adalah menyewa 2 homestay yang berdekatan. Hanya berjarak 3-5 meter, tepat di depan Griya Bisma Homestay terdapat homestay lainnya yaitu Satya Guest House. Segera pesan kedua homestay yang terletak di pusat kota Yogyakarta tersebut dan mulai membuat daftar trip menyenangkan Anda.

Griya Bisma Homestay

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 980.000/malam

2. Satya Guest House

Satya Guest House dikenal sebagai homestay di Yogyakarta dengan rumah yang cukup luas karena memiliki taman hijau yang asri dibelakang properti. Ini adalah homestay 4 kamar tidur untuk 8 orang. Kapasitas maksimalnya adalah 20 orang dengan tambahan biaya. Tema klasik yang menghiasi suasana rumah dan ditambah dengan warna kehijau-hijauan di taman, akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di homestay ini.

Salah satu keuntungan dari lokasi Satya Guest House selain bersebelahan dengan Griya Bisma Homestay adalah terletak di pusat kota. Tentunya akses ke tempat-tempat populer di Jogja akan lebih cepat dan dekat. Mungkin Anda bertanya, bagaimana dengan jarak ke Malioboro? Jika Anda berjalan kaki menuju Malioboro, tentunya akan sangat jauh. Tapi kalau ditempuh dengan kendaraan pribadi, berkisar 12-15 menit apabila jalanan tidak padat. Jika pandai memilih jalan alternatif, maka jarak terdekat dari homestay ini ke Jalan Malioboro adalah sekitar 1,8 km.

Di Jogja tidak cuma Malioboro yang harus Anda kunjungi, tapi banyak tempat-tempat indah dan mengagumkan lainnya yang juga seharusnya sudah masuk list perjalanan Anda.

Satya Guest House

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 1.250.000/malam

3. Suryosukoco Homestay

Suryosukoco Homestay merupkan opsi lain dari homestay-homestay diatas. Fitur homestay di Jogja ini agak mirip dengan sebelumnya, tetapi lokasi rumah dan jumlah kamar paling terlihat perbedaannya. Salah satu reputasi yang baik untuk homestay rumah 5 kamar tidur ini karena lokasinya terletak dekat kampus-kampus terkenal di Jogja. Misalnya, Atma Jaya Yogyakarta (1,0 km), STIE YKPN (1,1 km), UPN Babarsari (1,3 km). Masih banyak universitas lainnya di sekitar jalan seturan dan babarsari yang dekat dengan Suryosukoco Homestay.

Mewah, minimalis, bersih dan rapi mungkin akan menjadi kesan pertama Anda ketika menginap di homestay ini. Semua kamar dan sebagian ruangan dilengkapi dengan AC dan TV. Menariknya, selain menyewakan keseluruhan rumah, penginapan ini juga dapat disewa hanya per kamar saja. Tentunya ketika menyewa kamar saja, kamar yang lain akan digunakan oleh tamu yang lain juga.

Jika menyewa Suryosukoco Homestay seluruh rumah, maka tamu yang direkomendasikan adalah untuk 10 orang. Tapi melebihi kapasitas dengan jumlah maksimal 17 tamu diperbolehkan dengan biaya ekstra.

Suryosukoco Homestay

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 1.500.000/malam

4. Athaya Homestay Pakuncen

Athaya Homestay Pakuncen adalah salah satu homestay di Yogyakarta yang cukup dikenal dan disukai, terutama oleh turis lokal. Alasan utamanya kenapa disukai yaitu karena hanya beberapa menit mengendarai mobil, Anda dapat menjumpai jalan malioboro. Area parkir homestay 5 kamar tidur ini juga cukup luas, memungkinan mobil dan mini bus untuk parkir. Tipe rumah dengan 2 lantai ini cocoknya untuk 10 orang tamu. Tapi dengan biaya tambahan dipersilahkan hingga 25 orang.

Karena terletak di pusat kota Yogyakarta, Athaya Homestay Pakuncen mudah diakses menuju puluhan lokasi menarik sekitar kota, seperti ke tempat pusat oleh-oleh bakpia, tempat makan gudeg, dll. Tidak hanya lokasi, tapi kredibilitas baik dengan manajemen profesional yang telah melekat pada penginapan ini juga patut menjadi pertimbangan Anda. Mungkin bukan pemilik langsung yang akan menghandle reservasi Anda, tapi team dan staf yang handal siap untuk membantu Anda. Jika memungkinkan, Anda juga dapat survey dulu ke lokasi untuk lebih memantapkan Anda sebelum memesan homestay ini.

Secara keseluruhan, memesanan Athaya Homestay Pakuncen akan mendapatkan fasilitas sewa seluruh rumah yang setiap kamarnya disertai AC. Beberapa kamar mandi juga dilengkapi dengan pemanas air. TV pun tersedia di beberapa ruangan. Jika Anda tertarik, lihat detail homestay ini dan segera lakukan pemesanan!

Athaya Homestay Pakuncen

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 1.000.000/malam

5. Athaya Homestay Soragan

Jika Anda terbiasa mendengar dan mengenal tempat makan populer "Gubug Makan Mang Engking Soragan Castle" dan "Warung Soto Sawah", disekitar kedua tempat kuliner tersebut lokasi dari Athaya Homestay Soragan berada. Tidak hanya dekat dengan restoran legendaris di Jogja, homestay rumah dengan 5 kamar tidur ini juga menawarkan harga yang murah. Tentunya murah yang dimaksudkan adalah jika dihitung untuk rombongan keluarga. Tak jauh dari lokasi, berjarak sekitar 300 meter juga terdapat penginapan Ndalem Suryo Saptono.

Bagian yang menarik dari homestay di Jogja ini adalah rumahnya yang sederhana namun dapat ditempati banyak orang. 10 orang paling pas untuk menginap disini. Dan 20 orang adalah jumlah maksimal yang diperbolehkan, tapi dengan biaya penambahan tamu atau kasur ekstra. Bagaimana dengan sarapan, apakah gratis? Makanan gratis yang disediakan Athaya Homestay Soragan adalah sarapan berupa roti dengan beberapa pilihan selai. Roti disediakan sesuai porsi dari jumlah tamu yang tinggal.

Athaya Homestay Soragan

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 800.000/malam

6. Athaya Homestay Pandega Satria

Athaya Homestay Pandega Satria adalah homestay rumah di Jogja yang lain, mirip dengan homestay yanga sebelumnya yaitu Athaya Homestay Soragan. Sebetulnya kemiripannya karena memiliki 5 kamar tidur dan fasilitas yang diberikan hampir sama. Untuk perbedaannya, Athaya Homestay Pandega Satria memiliki bangunan yang lebih luas. Homestay ini juga terletak di lokasi yang strategis, tepatnya di jalan kaliurang Yogyakarta dan lebih dekat ke UGM dari pada homestay lainnya. Hal lain yang perlu diketahui bahwa homestay 2 lantai ini untuk 10 orang tamu, dengan biaya extra diperbolehkan hingga 25 orang.

Bersebelahan dengan homestay ini terdapat Athaya Homestay Manggung Sari. Apabila Anda membutuhkan kamar yang lebih banyak dan tentunya dengan jumlah tamu yang telah melebihi jumlah maksimal properti, maka Anda dapat menyewa kedua homestay tersebut. Halaman yang luas memungkin untuk parkir mobil lebih dari satu kendaraan. Acara kantor, touring atau wisata rame-rame ke Jogja, akan lebih asyik menginap disini.

Athaya Homestay Pandega Satria

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 1.000.000/malam

7. Athaya Homestay Manggung Sari

Mungkin tidak mengejutkan bahwa beberapa homestay di Jogja diatas memiliki nama yang mirip. Seperti halnya homestay-homestay sebelumnya yang tercantum pada nomor 4 hingga 7. Keempatnya adalah satu manajemen. Untungnya, mereka menambahkan nama lokasi homestay agar membuatnya lebih mudah untuk dibedakan. Athaya Homestay Manggung Sari menawarkan rumah dengan kamar yang lebih banyak dengan total 7 kamar tidur. Homestay ini diatur untuk 14 orang , jika melebihi jumlah yang ditentukan akan ada biaya tambahan. Jumlah maksimalnya adalah untuk 35 orang. Jadi apabila Anda memesan Athaya Homestay Manggung Sari + Athaya Homestay Pandega Satria, maka diperbolehkan hingga 60 orang.

Secara keseluruhan, fitur paling menonjol dari homestay ini adalah satu-satunya homestay di Jogja diantara semua yang telah disebutkan diatas dengan jumlah kamar terbanyak. Parkir mobil dan mini bus pun juga tersedia di penginapan ini. Fasilitas yang diberikan tidak jauh berbeda dengan Athaya Homestay lainnya. TV, AC, Sarapan Roti dan kamar mandi dengan pemanas air merupakan bagian dari fasilitas yang disediakan di homestay ini.

Athaya Homestay Manggung Sari

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 1.400.000/malam/7 orang

2 Homestay Kamar di Jogja, pas untuk grup kecil!

Jika yang Anda cari hanyalah kamar tidur bukan rumah, kedua homestay berikut ini mungkin sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Sebenarnya, hampir tidak jauh berbeda terkait pelayanan dan kenyamanannya dengan ke 7 homestay di Yogyakarta sebelumnya. Homestay kamar ini akan lebih sesuai untuk jumlah tamu yang lebih sedikit. Namun jika Anda pesan lebih dari 1 kamar, sangat memungkinkan digunakan untuk rombongan.

1. Ndalem Suryo Saptono

Unik dengan desain khas jawa sangat terasa ketika menginap di Ndalem Suryo Saptono. Saat ini ada 4 kamar yang diberi nama Joglo semar, Joglo arjuna, Joglo Bima dan yang terbaru adalah Joglo Rama Shinta memiliki desain visual yang berbeda-beda. Meski sebuah kamar, namun kamar yang satu dengan yang lain dipisahkan oleh taman. Dikamar-kamar tersebut akan terasa seperti tinggal di sebuah rumah yang kecil, kadang ada yang menyebutnya dengan istilah bungalow.

Ndalem Suryo Saptono

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 450.000/malam

2. Athaya Guest House

Athaya Guest House adalah spesialis sewa kamar untuk 1-2 orang seperti hotel pada umumnya. Homestay murah di Jogja ini dapat menghemat uang Anda bagi para backpacker. Tentunya jika Anda fokus memilih penginapan dengan harga yang termurah dalam kategori kamar. Sewa harian, mingguan bahkan bulanan pun bisa dilakukan disini. Walaupun 1 kamar tidak dibuat untuk kapasitas rombongan, tapi Anda masih bisa memesan lebih dari 1 kamar. Sewa seluruh tempat dengan 17 kamar tidur dapat menjadi solusi ketika memiliki acara grup beramai-ramai ke jogja seperti gathering perusahaan, team building, dll.

Athaya Guest House

Lihat Homestay
Harga mulai Rp 100.000/malam

Mengapa Anda harus memilih homestay ketika wisata ke Jogja?

Sekarang hanya karena kami memberikan informasi singkat dari daftar homestay di Jogja di atas, bukan berarti menjadi cara satu-satunya yang tepat untuk menentukan dalam memilih penginapan. Anda harus melihat secara detail informasi setiap homestay dengan cara mengunjungi masing-masing halaman properti. Dengan cara tersebut, maka Anda dapat membuat pilihan yang tepat dalam memilih homestay di Jogja. Kemudian, kenapa memilih homestay?

  • Homestay harganya relatif murah dibandingkan dengan hotel-hotel berbintang di Jogja.
  • Homestay memiliki potensi harga yang dapat ditawar karena terhubung dengan pemilik.
  • Untuk homestay rumah dapat menjadi solusi penginapan untuk rombongan atau grup.
  • Bisa berkumpul, memasak dan bercengkrama bersama keluarga pada satu tempat.
  • Keramahtamahan tuan rumah, mungkin tidak akan Anda temukan di penginapan lain.
  • Membantu dan menumbuhkan usaha kecil yang biasanya dikelola oleh para pensiunan.

Homestay di Jogja mana yang terbaik untuk Anda?

Seperti halnya semua keputusan tentang memilih homestay. Anda ingin mempertimbangkan fasilitas mana yang benar-benar akan Anda butuhkan. Apakah Anda lebih tertarik pada harga homestay yang murah atau sedikit mahal tapi dengan kualitas premium? Apakah Anda lebih suka homestay dengan fasilitas lengkap atau apakah lokasi homestay yang lebih sesuai dengan tujuan Anda di Jogja?

Agar proses memilih Anda lebih mudah, kami mengkategorikan homestay favorit kami berdasarkan situasi tertentu:

  • Homestay rumah dengan jumlah kamar terbanyak - Athaya Homestay Manggung Sari.
  • Homestay rumah dapat disewa per kamar - Griya Bisma dan Suryosukoco Homestay.
  • Homestay rumah dengan harga termurah per rumah - Athaya Homestay Soragan.
  • Homestay rumah dengan jumlah kamar paling sedikit - Griya Bisma Homestay.
  • Homestay kamar dengan harga termurah per kamar - Athaya Guest House Karangwuni.
  • Homestay kamar bungalow unik untuk keluarga kecil - Ndalem Suryo Saptono.
  • Homestay berdasar lokasi terdekat dengan Jalan Malioboro - Athaya Homestay Pakuncen.
  • Homestay 2 rumah berdekatan - (Satya Guest House + Griya Bisma Homestay) dan (Athaya Homestay Pandega Satria + Manggung Sari)

Dan itulah semua yang dapat kami ceritakan dan katakan tentang homestay di Jogja! Segera pilih dan pesan sekarang di MrHomeStay.

Cari Homestay di Jogja Lainnya?

Tag: homestay(194) jogja(94) di(90) murah(54) yogyakarta(50) harga(8) sewa(6) yang(5) unik(1) termurah(2) penginapan(2) homestaydijogja(1) cari(1) daerah(12) untuk(3) rombongan(1) bagus(2) info(3) terbaik(1) bebas(1) daftar(3) kota(2) pusat(1) backpacker(3) family(12) istimewa(2) keluarga(1) hotel(2) malioboro(65) indonesia(1) bantul(5) sleman(6) dekat(33) sekitar(7) dan(1) jalan(6) yogya(2) sosrowijayan(7) seturan(2) gejayan(2) stasiun(4) tugu(4) lempuyangan(1) condong(4) catur(4) dengan(4) kolam(10) renang(9) ada(3) renangnya(1) ugm(7) rumah(2) harian(1) kraton(1) kaliurang(12) prawirotaman(7).